04 May 2010

Ra-SIAL-isme...*BLUEKH!*

Dunia udah makin cosmo and modern, tapi masih banyak aja orang yang ngeliat orang lain berdasarkan ras. Iya, 'RAS'! Sebuah kata yang cuma punya tiga huruf itu, udah bikin BANYAK kekacauan di mana-mana. Mulai dari pencekalan bisnis, sampai peng-kambing-hitam-an diantara orang-orang yang beda ras.*sigh*



>
Sebagai penduduk Negara Indonesia yang berketurunan Tionghua, mungkin gue cuma bisa membagi pandangan gue tentang perlakuan orang-orang yang rasialis terhadap orang-orang keturunan Tionghua -- yang PADAHAL SAMA-SAMA INDONESIA! (Penting ga sich?) *SIGH*
But it doesn't mean kalo suku-suku atawa ras-ras lain selalu menerima perlakuan yang sepantasnya, does it?
Gue merasa cukup beruntung karena di kota asal gue (kalo ada yang tau: Pangkalpinang), rata-rata penduduknya cukup harmonis sehingga masa kecil gue ga merasakan sentuhan rasialisme. *happy!^^*
Di sekolah, lingkungan rumah, pasar, tempet nongkrong, ga ada yang namanya berantem, pembantaian, pengeroyokan, pengucilan gara-gara ras. Dari yang Batak, Tionghua, Jawa, ampe Flores, semuanya maen, ngumpul, nongkrong, belajar, and kerja bareng-bareng dalam suasana yang aman tenteram. *happy! lagi ^^*
However, emang tetep ada orang-orang yang rada rasialis, tapi mereka ga terlalu radikal dan juga ga terlalu banyak! *yeah!*
Rasialisme yang paling berasa pas kecil (jaman Orde Baru, tuch!), yaitu pas mau Tahun Baru Imlek. Menjelang Tahun Baru Imlek, biasanya gue and keluarga ngunjungin makam-makam leluhur buat ngedoain dan bersihin makamnya. *kangen masa-masa itu....*
Yang jadi kendala adalah ga adanya liburan nasional untuk Tahun Baru Imlek saat itu! Gue sering musti izin dari sekolah untuk pergi ke makam dan ngerayain Tahun Baru Imlek, secara buat keluarga gue ngerayain Imlek itu penting banget + buat kumpul-kumpul sama keluarga yang udah ngerantau ke luar daerah...
Untung sekolah-sekolah pada mafhum kalo kita mau Imlek, so kadang-kadang kita dikasih pulang cepet atau malah libur sehari penuh. Emang ga banyak sih, tapi cukup lah....
Pada saat pemerintahan udah berganti, thanks a bunch buat Gus Dur yang udah ngasih libur nasional buat Imlek. Biar kate cuma sehari, udah lumayan banget, tuch! :P



Yang bikin paling ngeri, pada saat kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Faktanya: BANYAK orang keturunan TIONGHUA yang dibantai, diperkosa, dibasmi! Dan, dibilang, "CINA!"
I mean; KAMI ITU ORANG INDONESIA!
Banyak dari mereka yang terkena 'musibah' -- yang dituduh 'CINA', itu ORANG INDONESIA ASLI!
Dalam arti kata: lahir di Indonesia -- ber-orang-tua, ber-kakek-nenek, ber-buyut yang juga lahir dan tumbuh di INDONESIA! Walau berketurunan Tionghua.
Tapi apa bedanya?
Ada yang keturunan Batak, Jawa, Irian, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan masih banyak suku-suku atawa ras-ras lain-lain! Tul gak?
Kenapa sich harus membasmi kita? *udah rada anget, niech...*
Banyak warga Negara Indonesia yang keturunan Tionghua esp. yang berkediaman di Jakarta sampai apply untuk tinggal di negara lain. *sayang banget, kan? Bukannya kita seharusnya merasa aman di negara sendiri?* It's not that we're komunis atawa orang-orang yang mau KUDETA pemerintahan Indonesia.
Malah banyak dari kita yang merupakan pendukung and penyokong berat pemerintahan Indonesia...
Gue merasa cukup hoki karena gue belom ke Jakarta waktu itu. Sehingga gue ga terlalu ngerasain ke-radikal-an waktu itu, walau ketakutan orang-orang keturunan Tionghua di kota gue cukup terasa. TT....
Dan saat gue di Jakarta, gue juga ga pernah ngerasain yang namanya rasialisme...
Hehehe...
Coz, waktu gue di Jakarta, rasialisme udah lumayan teredam, thanks lagi buat pemerintah yang baru... :P



>
Setelah itu, gue puter haluan ke Singapura. Di negri singa yang juga cosmopolitan and punya Racial Harmony Day, gue expect negara yang ga punya rasialisme...
But, there is this experience in my new government school:
(Background: Meja-kursi yang diatur jadi beberapa group, masing-masing group kurang lebih 4-5 orang.)
Tersebutlah di group gue, ada 3 Singaporean yang ber-ras Malay + 1 gue orang Indonesia keturunan Tionghua yang ngambil mata pelajaran Malay Language, secara gue ga bisa Mandarin... :P (Padahal udah 4/5 taon gue dicekokin les Mandarin ama nyokap gue...*swt*...)
So, adalah 1 Singaporean Malay ini yang bilang gini: See, this table(group) is so good!
Gue: Why?
(S-M): Yalah, all Malay what?!
Gue: *SHOCK* SO????
(S-M): Other table got Chinese! Chinese all not good! *nada merendahkan gitu....*
Gue: But you all Singaporean what? One country? One nationality? *rada idealis+kepala aga ngasep...*
(S-M): Yalah, but Chinese not good lah...
Gue: Why ah?
(S-M): Not good lah... *menolak menjelaskan, gue rasa emang pendapat ga berdasar gitu dech...*
Gue: But then, I also got Chinese blood what?
(S-M): You're not Indonesian meh? *bingung*
Gue: Yalah! But I also got Chinese blood....*sape nyang bilang gue malay?*
(S-M): (nampaknya shock...) Oooo....So you half-half a?..Half-half not good lah!
Gue: *EXTREMELY SHOCK! Apaan nich maksudnya 'half-half'? Lu kate gue es campur? Buju-bushyet....*
(Maap yach, coz kita pakenya Singlish gitchu, dech.... :P)



Setelahnya, gue belajar bahwa masih BANYAK penduduk Singapura yang kurang suka terhadap orang-orang yang berlainan ras sama mereka...*SWT...*



>
Mungkin gue terlalu idealis atawa naif buat ngarepin ga adanya rasialisme di belahan dunia manapun...(Tapi, ngarep aja boleh kan???) Mungkin karena background gue yang ga ngerasain keradikalan rasialisme, tapi coba dech dipikirin....
Gimana kalo seandainya:
Ga ada yang ngeliat orang lain dari RAS?
Ga ada kesulitan untuk mendapat edukasi gara-gara RAS? (Ini berdasarkan KISAH NYATA pengalaman beberapa orang teman yang kini telah memasuki kehidupan sekolah di Singapura.)
Ga ada pencekalan bisnis yang berdasarkan RAS? (Ini juga berdasarkan KISAH NYATA di Indonesia)
-Sedikit cerita aja: bahwa pernah ada semacam meeting atawa talkshow yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi di Indonesia, dimana ada pejabat yang membicarakan untuk mencekal bisnis-bisnis orang Tionghua di Indonesia.(Kalo gitu mau cari makan dimana coba? ^@#$%&*! )
etc, etc....
Intinya,
Gimana kalo ga ada rasialisme?
Semua orang hidup bareng-bareng dengan tenang tenteram dan sesuai dengan kerja keras masing-masing....
Sukseskan pembauran dunia!
Cheers!









>
Maap kalo ada yang ngerasa offended...
It isn't meant for offencing people...
Tapi kalo ngomong tentang rasialisme, gue emang jadi aga berapi-api gitu dech... *malu...*
Kalo ada yang punya pendapat, don't hesitate to leave me comments!
I'm looking forward for your reply....^^


Love,
Lina.

1 comment: